Home

Minggu, 14 Februari 2016

[#TemuToppers] Belajar Foto Produk Low Budget bareng Tokopedia


Tokopedia, sebuah marketplace online yang sedang naik daun di Indonesia. Kalo kalian yang baru mengenal, pasti gak jauh-jauh akan mengingat dari iklan Tokopedia yang dibintangin sama Isyana Saraswati yang lagi nyisir rambut semrawut sambil dicatok sembari cari produk di Tokopedia. Tapi yang gue heran, masih aja cantik yak.

Foto Peserta dan Nakama di #TemuToppers. Gue ada dibelakang, gak keliatan :(
(Credit photo twitter @Tokopedia) 


Jadi ceritanya kemarin siang gue dapet kesempatan buat berkunjung ke kantor Tokopedia, setelah sehari sebelumnya dapet email invitation di Workshop #TemuToppers bertajuk "Membuat foto produk dengan kamera Smartphone". 

Toppers itu sebutan  Seller/ Buyer yang tentunya memiliki akun di Tokopedia. Tetapi sepertinya pada kesempatan yang diundang dan hadir merupakan Seller di Tokopedia dari berbagai kalangan, ada koko penjual di mangga dua, anak kuliahan, pasangan abg, om om ganteng, sampe bapak yang bawa istri dan anaknya sekeluarga, dibawa dalam acara ini. Warbiasah.

"Mbak, saya mau ketemu mantan saya, Isyana..ada?"

Awal masuk ke kantor, gue sudah disapa manis sama mbak-mbak cantik, Eh maksudnya sama desain ruangan yang cantik. Disetiap sudut dinding-dinding nya terdapat banyak quotes-quotes dari tokoh terkenal dunia, dan hampir disetiap dinding gue gak temuin dinding polos putih yang membosankan yang biasanya gue temuin di kebanyakan kantor.

Quotes dari para seller sukses di Tokopedia. Inspiratif!!
Salah satu quotes dinding di ruang meeting. 

Dan yang lebih bikin gue bersemangat, terdapat quotes dari seller Tokopedia yang bisa dibilang sukses dan besar dengan Tokopedia. Quotes mereka terpajang rapih berjejer di dinding dan gak kalah kata-kata Quotes nya dengan Steeve Jobs. Aura nya seeperti membangkitkan semangat. Keren sob.

Saat acara dimulai, para Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) menyapa dengan hangat, ada 2 orang Nakama yang gantian memberikan materi. Gue cukup puas, dapet ilmu dan trick baru dari mereka. Karena sebagai penjual online ataupun berbisnis di dunia online saat ini, dengan bermodalkan smartphone aja sudah cukup menghasilkan foto yang bagus. Terlebih lagi smartphone saat ini sudah dibekali sensor kamera yang bagus, ditambah pula dengan apps gratis yang dapat memudahkan edit foto dengan mudah dan cepat. Intinya dengan Low Budget kita bisa kok memulai bisnis, asalkan NIAT.

Pemanasan Game sebelum masuk ke materi oleh Nakama. 

Dan dalam workshop kali ini bukan cuma materi saja, tapi para Nakama ini LANGSUNG PRAKTEK. Jadi mereka langsung mencoba membuat foto produk dengan kamera smartphone. Cukup bermodalkan 2 buah lampu baca, karton putih yang digunakan untuk background dan produk yang akan dijadikan objek foto.

Bukan cuma materi doang, tapilangsung  PRAKTEK.(Photo; twitter @Tokopedia) 


Lagi diajarin cara cepat edit photo. (Photo; twitter @Tokopedia)

Produk langsung dijepret pake hape dengan bantuan lightning yang cukup dari lampu baca, kemudian tinggal di edit. App edit foto yang gratis banyak di Google Play/ Apps Store, tinggal di download saja,  seperti VSCO, Snapseed dan banyak lainnya. Memang hasil dengan kamera smartphone tidak sebagus dan sejernih dengan kamera digital atau DSLR, tapi setidaknya sudah cukup menghasilkan gambar yang fokus dan bagus, namun dengan sedikit tekhnik dan trik tentunya.

Satu hal yang dapat diambil pelajaran dari wokshop #TemuToppers ini adalah terkadang kita ingin memulai suatu bisnis atau ingin jualan untuk nambah penghaasilan atau uang jajan, Tetapi selalu yang dijadiin alesan adalah gak ada MODAL. Bener kan??

Tapi.. sebenernya yang terpenting adalah NIAT, Hanya dengan pakai kamera smartphone yang kalian punya saja sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang bagus. Apalagi sekarang berjualan online sudah sangat mudah sekali, kalian tinggal upload aja produk kalian di Tokopedia.com, Gak bayar, Gratis, tinggal tunggu aja orderan dateng. Beres.

Kalau kalian mau tanya-tanya tentang materi diatas, atau masih kurang jelas dan ingin lebih detil tekhnik dan trik nya...tanyakan aja di kolom komentar dibawah yaa... 

Jangan sungkan bertanya, Malu bertanya seret cari Jodoh #Baper.

6 komentar:

  1. Asyik ya bisa ikut kopdar, dikasih materi plus paraktek pula.
    btw, itu cara potretnya bisa ditiru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kak.. Lumayan dapet ilmu tambahan..hehe

      Hapus
  2. Wah keren nih bisa langsung belajar dari sumbernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruntung ajaj kak dapet invitation..kalo mau ikut juga bisa kok..daftar di blog Tokopedia nya.. :)

      Hapus
  3. Asiknyaa bisa ikut acara kayak gini. Aku juga mau tour di tempatnya toko pedia. Unyuk yaa kayak kantor google kali ya *padahal juga belum pernah ke google* hahhaa
    btw salam kenal ya baru pertama kali mampir inii

    BalasHapus
  4. mohon bantuan nya donk gan
    proses pesanan saya gan
    dan tlg bntu infoin apkh lengkp
    tq
    INV/20160412/XVI/IV/32649284

    BalasHapus

Pengikut