Home

Minggu, 09 Juni 2013

Pengen Cari Kerja atau Cari Duit?!



Hidup itu memang penuh pilihan, dan kita diharuskan untuk memilih dari banyak pilihan itu dengan pilihan yang tepat. Dasar pemikiran ini yang terkadang membuat kita bingung untuk menentukan pilihan yang tepat. Bukan hanya melulu soal pilihan jodoh atau pasangan, tapi tentang prinsip dalam memulai karier. 

Saya jadi teringat kata-kata bos saya sewaktu Praktik Kerja Lapang semasa kuliah. Beliau adalah seorang supervisor di salah satu perusahaan pangan. Waktu itu masa-masa manis menjalani kuliah, masih semangat-semangatnya kuliah, sewaktu masih belom kenal yang namanya "Skripsi". Lupakan kata terakhir tadi.


Bos:  "Kamu nanti kalo udah lulus kuliah, mau cari kerja atau mau cari duit?"
Saya: "Ehmm..ya cari duit lah pak, kan ujung-ujungnya kerja ya  pasti pengen cari duit"
Bos:  "hahaha... Kalo kamu udah selesai kuliah nanti, mending cari kerja dulu, mumpung masih muda, nanti kalau sudah umur seperti saya ini, baru cari duit"


Jawaban dari bos saya itu semacam teka-teki silang, tau jawabannya tapi ga inget, dan kalo di inget-inget makin ga inget dan ga tau jawabannya. Nanggung banget kan...

Tapi sekarang saya mengerti maksud dari perkataan bos saya yang naggung banget itu. Setelah saya lulus, berhenti "bermesraan" dengan Skripsi saya, kemudian akhirnya ngerasain juga jadi pengangguran, gimana susahnya nyari kerjaan.

Kemudian yang jadi permasalahan adalah awal kita mencari pekerjaan. Terkadang bagi orang seperti saya yang masih minimnya pengalaman, bingung, dilema, sehingga asal aja ngelamar kesana-kesini masukin ke berbagai perusahaan. Tapi makin banyak ngelamar, ternyata makin banyak juga di PHP-in sama janji manis orang HRD. Bilangnya saat wawancara seakan-akan meyakinkan kita pasti diterima di perusahaan itu. Tapi besok-besoknya, engga ada panggilan lagi untuk tahap selanjutnya.

Jadi sebenernya orang HRD itu sama aja kaya gebetan ya, udah di baek-baekin, udah dideketin, tapi ujung-ujungnya ditolak. Apalagi kalo tiba-tiba menghilang, udah kaya makhluk gaib. Nyeseknya nyeremin banget.

Memang rata-rata perusahaan yang telah mem PHP-in saya kebanyakan dari perbankan. Saya yakin, setiap mahasiswa yang baru lulus, pasti lamaran yang mereka pertama pikirkan adalah masuk ke dunia perbankan. Padahal ijazah mereka ga ada hubungannya dengan dunia perbankan. Kebanyakan tergiur dengan salary, dan karier yang cerah, itu yang mereka pikirkan. Sebenernya itu yang ada di pikiran saya sih, melihat kebanyakan orang yang kerja di bank ya seperti itu. Hidupnya mapan, masih muda sudah bisa beli rumah, kendaraan mewah. Tapi mereka ga tau, kalo sebenernya rambut mereka uban semua, terus setiap pulang kerja kepalanya keluar asep, ngebul gitu kaya foging nyamuk demam berdarah dirumahan.


"Choose A Job You Love, and You will Never To Work A Day in Your Life"

Emang ga ada salahnya, saat kita sudah menyelesaikan study, kemudian berkeinginan membelok dari jurusan apa yang telah dipelajarin di bangku kuliah. Tapi rasa-rasanya sayang sekali, ilmu yang sudah kita pelajari bertahun-tahun, tapi engga kita pake ilmunya. Tapi itu sebuah pilhan, dan pilihan yang engga mudah untuk diputuskan.

Dan yang terpenting, selagi umur masih muda, menurut saya banyak-banyak mencari pengalaman dulu. Mungkin salary penting, tapi kalau kita mencari pekerjaan, dengan salary yang kita inginkan, tentunya akan menghabiskan waktu yang lama, dan waktu akan terbuang sia-sia gitu aja. Tapi kita juga harus memilih pekerjaan, sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita. Karena jika pekerjaan yang kita lakuin adalah yang sesuai dengan keahlian, seberat apapun pekerjaan itu, pasti akan kita nikmatin.

Jadi...menurut kalian lebih penting yang mana ?? 











9 komentar:

  1. "Karena ditolak saat melamar pekerjaan lebih menyakitkan daripada ditolak saat nembak gebetan"

    Mana yang lebih penting ya? Sekalipun cari pengalaman, cari kerja yang cocok, tapi kalau salary gak memadai, mau gimana? Ah, jadi bingung.

    (._.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..quotes yang bener banget. bener-bener nyeseknya *jleb*

      bener juga ya mba, kadang itu yang bikin bingung..haha

      Hapus
  2. kalau mba dulu kerja yang dapet uang banyak dengan tekun sekaligus lingkungannya nyaman. dan point terakhir lingkungan nyaman ternyata segalanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya..bener mba..tambahan, dilihat dari lingkungan kerjanya juga.
      makasih udah komen :D

      Hapus
  3. Yap bener itu, kalo masih muda nyari kerja dulu, nyari pengalaman sebanyak-banyaknya nyari ilmu sedalam dalamnya. kalo kita pinter duit pasti ngikutin kok trust me!

    aku gak setuju sama kalimat ini:
    "Saya yakin, setiap mahasiswa yang baru lulus, pasti lamaran yang mereka pertama pikirkan adalah masuk ke dunia perbankan."

    Well, karena setelah lulus aku dan mayoritas temen2ku gak kepikiran buat kerja di bank. At least, kita pengen nyari kerja yg sesuai dgn latar belakang kita.

    Masih skripsi ya? Jangan pikirin kerja dulu deh, kerjain dulu itu skripsinya dengan bener. Tapi tetep harus punya pandangan ke depan :)

    BalasHapus
  4. ya, antara mencari kerja dan mencari uang, hanya sebagian yang mengerti akan teka teki itu, kalo saya pasti bilang aja cari uangnya la.. hehee
    skarang banyak skali orang yang salah jurusan, karena yang terpenting adalah mendapatkan pekerjaan yang kita sukai...

    salam.

    BalasHapus
  5. mendengar curhatan karyawan yg cerita anaknya masuk sma favorit lebih mengharukan

    BalasHapus
  6. pekerjaan mudah, hanya satu klik anda bisa menjana pendapatan lumayan. hanya klik di link ini utk daftar http://parttimeduty.com/index.php?ref=53156

    BalasHapus
  7. pekerjaan mudah, hanya satu klik anda bisa menjana pendapatan lumayan. hanya klik di link ini utk daftar http://parttimeduty.com/index.php?ref=53156

    BalasHapus

Pengikut