Home

Kamis, 11 Juli 2013

Malem Pertama... Ramadhan.

image credit to here

Seperti biasanya, kalau bulan Ramadhan dateng, pasti mesjid-mesjid di sekitar rumah mulai rame lagi, penuh nggak seperti biasanya. Tapi malem pertama bulan ramadhan kali ini, saya sedikit mengalami beberapa hal yang nggak biasa saya alamin seperti tahun sebelumnya menikmati bulan puasa.

Jadi, seperti yang saya sudah rencanakan, bahwa awal bulan ini saya harus mendapatkan pekerjaan. Meninggalkan profesi saya sebelumnya sebagai Jobseeker, sebuah profesi sebagai pencari pekerjaan (baca: pengangguran). Akhirnya rencana saya itu dikabulkan, dan sudah 2 hari ini saya mulai bekerja pada suatu perusahaan yang bergerak dibidang makanan cepat saji, dan ditempatkan di Ibu kota yang sebenernya dari awal tidak saya inginkan untuk bekerja disini. Tapi apa boleh buat, mungkin layaknya seperti mencari pacar, yang nggak terpikirkan malah menjadi jodoh kita sendiri. Agak nggak nyambung juga ya, tapi yasudahlah~

Ada beberapa hal baru yang harus dijalankan selama menjalankan bulan puasa kali ini. Dikarenakan pekerjaan saya di Jakarta, jadi tentunya nggak bisa menjalani bulan puasa ini bareng keluarga di Cirebon sana. Agak sedih memang, kehilangan momen-momen sahur bareng sama kakak dan adik saya. Walaupun sahurnya cuma makan sosis, telor ceplok, teh manis dan sebutir promag karena nggak ada yang masak mendadak dini hari. Tapi sekarang, saya yang tinggal dengan saudara disini yang kebetulan sekeluarga non-muslim. Jadi kemungkinan saya bakalan sahur sendiri. Tapi jujur aja walaupun berbeda keyakinan, tapi mereka malah lebih care, selalu ngingetin sholat. Bangunin subuh-subuh supaya saya sholat, meskipun ujung-ujungnya saya nggak bangun, melanjutkan mimpi sama personel JKT48.

Pada malam pertama bulan Ramadhan ini, memang agak berat dijalanin. Jam 5 sore saya baru balik dari kantor, terus di jalan mendadak ujan gede dan jarak yang lumayan jauh balik ke rumah sodara akhirnya nyampe rumah maghrib mendekati isya. 

Awalnya males mau ikut taraweh. Rasa-rasanya SETAN yang masih belom dikerangkeng dan di borgol hampir berhasil buat saya nggak berangkat taraweh perdana kali ini. Tapi niat udah bulet, sebulet Roti boy, berangkat deh ke mesjid dekat rumah yang jaraknya hanya 30 meter aja. 

Sesampainya disana saya terheran-heran. Biasanya kalo taraweh perdana gini, mesjid penuh banget. Bahkan sampe sholatnya sampe ke teras atau halaman mesjid, saking penuhnya. Tapi kali ini, mesjid yang saya datangi, sepi. Padahal sholat isya sebentar lagi, tapi didalem masjid cuma ada 4 orang cowo. Dan yang cewe cuma ada ibu-ibu beberapa orang saja. Bahkan saat sholat isya dimulai, satu shaf aja nggak nyampe penuh. Mungkin cuma sekitar 10 orang cowo. 

Ini sesuatu yang langka dan baru saya alamin. Ternyata setelah saya anlisa berdasarkan pengamatan selama beberapa hari disini. Ternyata memang disini bisa dibilang kaum muslim nya minoritas. Karena cuma sekitar 10 meter saja dari masjid tersebut, terdapat gereja yang cukup besar. Dan rasa-rasa malam pertama di bulan ramadhan ini, terasa kurang banget. Nggak ada keramaian masjid, nggak berebutan tempat buat dapet di dalem mesjid, nggak ada orang yang kebingungan kehilangan sendal jepit swallow yang mereka udah kasih nama. Tapi dari situ saya malah semakin bersemangat, untuk dateng, sholat taraweh di tempat tersebut.

Itu merupakan pengalaman pertama kalinya, dalam seumur hidup saya. Berada ditengah-tengah minoritas kaum muslim. Dan merasakan sepi nya pada malam pertama di bulan Ramadhan.

Buat temen-temen yang punya pengalaman malam pertama di bulan Ramadhan ini, bisa diceritakan di komentar box dibawah ya~ :*




4 komentar:

  1. wahaha mimpi sama personil JKT48 :D

    BalasHapus
  2. Wah keren. Gue belum pernah nemu tempat di Indonesia yang muslimnya minoritas. Itu kalau solat ied, seru kali ya?

    BalasHapus
  3. interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings

    BalasHapus

Pengikut